Soal Materi Perbandingan Ujian Nasional SMP Tahun 2016

Ujian Nasional (UN) tahun 2016 tingkat SMP pada hari ke-dua, Selasa tanggal 10 Mei 2016 mengujikan mata pelajaran Matematika. Salah satu paket soal pada soal nomor 9 menguji kemampuan siswa tentang penerapan konsep perbandingan. Teks soalnya sebagai berikut :

Dua orang penjahit menerima pesanan pembuatan pakaian sekolah. Penjahit pertama mampu menyelesaikan semua pesanan dalam 15 hari, sedangkan penjahit kedua dalam 30 hari. Jika mereka bekerja bersama, pesanan itu dapat diselesaikan dalam waktu ….
A. 10 hari
B. 15 hari
C. 20 hari
D. 45 hari

Soal ini sedikit memunculkan beda pendapat dalam memahami kalimat soal oleh beberapa guru termasuk dari guru matematika sendiri. Jika siswa ataupun guru dapat menangkap maksud soal ini dari kalimat yang digunakan maka sebenarnya soal ini adalah termasuk soal termudah dari soal-soal UN yang pernah ada. Kenapa?

Menjawab soal ini tidak perlu itung-itung. Kemungkinan jawabannya cuma satu pilihan. Yaitu, jika siswa atau guru paham bahwa maksud soal ini, ada dua penjahit mengerjakan pesanan yang sama (satu). Penjahit pertama mampu menyelesaikan semua pesanan dalam 15 hari, dan kalau dikerjakan oleh penjahit kedua mampu diselesaikan dalam 30 hari. Maka kalau pekerjaan menjahit tersebut dikerjakan berdua (bersama) tentu waktunya pasti kurang dari 15 hari. Pilihan jawaban cuma ada satu yang memenuhi yaitu 10 hari, sehingga tidak perlu itung-itung. Akan lain ceritanya andai ada minimal dua pilihan jawaban yang kurang dari 15 hari.

Lalu kenapa bisa ada siswa dan bahkan guru matematika yang memahami maksud pertanyaan di soal materi perbandingan ini tidak pada semestinya? Analisa pemikiran yang disumbangkan oleh seorang teman, guru hebat dari Kabupaten Pangkep, Mansur Eppe, membantu memberikan pencerahan dalam masalah ini. Menurut beliau, kondisi kultur, sosial masyarakat, ekonomi dan geografis si pembaca soal dapat mempengaruhi pemahaman yang berbeda. It’s right.

Sebagian masyarakat di daerah misalnya, khususnya daerah pedalaman, umumnya usaha menjahit hanya memiliki satu tenaga dan sebagian kecil saja usaha menjahit yang memiliki tenaga lebih dari satu orang. Sehingga kondisi masyarakat tersebut dapat terbayangkan oleh siswa saat membaca soal di atas. Tentu tidak semua siswa atau siapa saja di suatu daerah dapat terpengaruh dengan kondisi kultur daerahnya. Tetapi bagi mereka yang membayangkan kondisi penjahit di kampungnya, akan memahaminya bahwa Penjahit Pertama di kampung A mendapat pesanan dimana pesanan tersebut dapat dia selesaikan dalam waktu 15 hari sedang Penjahit kedua di kampung B juga mendapat pesanan dimana pesanan tersebut dapat dia selesaikan dalam waktu 30 hari. Pertanyaanya adalah berapa lama waktu yang digunakan jika mereka bekerja sama (dikerjakan berdua)?
Dengan pemahaman soal seperti ini, maka tentu si penjawab soal akan memperoleh jawaban yang berbeda pula, 22,5 hari.

Dalam forum diskusi di media sosial, salah seorang peserta diskusi menegaskan bahwa soal di atas sudah sangat jelas, pekerjaan pesanan jahitan sangat jelas hanya satu pesanan yang sama. Pemahaman ini boleh dikatakan itulah yang tepat sesuai dengan maksud soal, tetapi jika semua siswa atau siapa saja yang pertama kali membaca soal tersebut akan sangat tergantung terhadap kemampuan memahami kalimat dan bahasa soal. Jika pemahamannya bahwa pesanan jahitan hanya satu maka soal ini termasuk soal yang tak perlu itung-itung. Tetapi kalau pemahamannya di luar dari itu maka penjawab soal ini tentu akan memutar otaknya dalam berhitung.

Mungkin ke depan penyusun soal agar lebih ketat memperhatikan penggunaan bahasa yang kira-kira dapat membingungkan dan menimbulkan penafsiran ganda. Bahasa soal sangat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan soal.

20160509_081710

2 Komentar (+add yours?)

  1. suyadi akbar
    Sep 03, 2016 @ 15:55:29

    Sukses selalu pa. Aamiin

    Suka

    Balas

Jangan lupa!!! Tuliskan Komentar Anda di Kolom Berikut !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Posting

%d blogger menyukai ini: