Kesan Mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) Online 2015

Info UKG 1

Masing-masing guru tentu mempunyai kesan sendiri-sendiri dalam mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 . Umumnya mereka mengaku kecewa dengan hasil yang diperoleh, tapi ada juga yang cuek, mereka menganggap hasil UKG tidaklah penting, hanya sekedar pemetaan kompetensi guru.

Lalu bagaimana kesan saya pribadi mengikuti UKG tahun 2015 ini. Pastinya kesan saya mirip-mirip dengan kesan teman lainnya. Deg-degan dan terasa terbebani dengan perolehan nilai UKG sebelumnya. Harapannya, nilai UKG tahun 2015 harus lebih baik dari sebelumnya. Persiapannya baca kisi-kisi soal UKG 2015 dan PMP pada Permendikbud nomor 58 tahun 2014.

Ahad, tanggal 15 Nopember 2015 sekitar pukul 07.45 saya sudah tiba di tempat uji kompetensi (SMKN 3 Jeneponto) dan ternyata sudah banyak teman peserta UKG yang sudah datang lebih awal. Beberapa lembar kertas cakaran dan sebotol air mineral sudah disiapkan. Setelah mengikuti latihan UKG kurang lebih 30 menit bersama 20 guru lainnya, UKG yang sesungguhnya dimulai.

Satu demi satu soal terlewati, ada jawaban yakin tapi ada juga yang ragu-ragu, khususnya soal-soal pedagogik. Waktu berjalan sekitar 62 menit tiba-tiba komputer mati, dan ternyata listrik padam. Beberapa peserta khawatir termasuk saya kalau-kalau kita harus memulai dari awal atau tidak ada penambahan waktu atau jawaban tidak tersimpan. Sekitar lima menit kemudian listrik kembali normal dan komputer sudah bisa dinyalakan. Saat mau login kembali, saya kaget karena muncul peringatan bahwa saat ini Anda sedang melaksanakan ujian. Kalau begitu, artinya waktu berjalan terus, peserta akan dirugikan. Namun setelah diberi penjelasan oleh operator dan pengawas ruangan, akhirnya kami bisa login kembali dan waktu tetap tersisa sesuai waktu terakhir kemudian jawaban juga tetap tersimpan.

Kami mulai melanjutkan menjawab soal berikutnya. Tetapi belum selesai satu nomor, listrik kembali padam. Ruangan kembali panas karena kipas angin tidak berfungsi. Peserta UKG di ruangan saya sepertinya kena sial, tetapi mudah-mudahan nilainya tidak sial. Kali ini kami sudah tidak khawatir, karena ternyata waktu dan jawaban tetap tersimpan. Sekitar dua menit kemudian listrik sudah menyala dan komputer segera dihidupkan. Setelah menunggu beberapa menit, peserta sudah bisa mulai mengerjakan soal-soal yang belum terjawab.

UKG tahun 2015 kali ini jauh lebih baik dibanding UKG tahun 2012. Khusus di Matematika SMP dan lebih khusus dari soal-soal yang saya peroleh, ternyata tidak lagi ditemukan adanya soal yang tidak lengkap ataupun soal yang mempunyai option ganda/berulang. Gambar-gambar bangun atau grafik cukup jelas. Semua soal saya anggap sempurna.

Waktu tersisa kurang lebih lima menit lagi dan ternyata masih ada beberapa nomor yang belum terjawab karena beberapa kali dilewatkan. Cakaran sudah berulang-ulang belum juga ketemu hasilnya, waktu tersisa satu menit. Pasrah, tebak saja jawabannya. Waktu tinggal beberapa detik, segera angkat tangan, ujian selesai. Hasilnya pasrahkan sama Yang Berkehendak.

Hasilnya, Alhamdulillah, ada sedikit peningkatan dibanding hasil UKG tahun 2012. Salahnya masih ada 14 nomor, 4 nomor kompetensi pedagogik dan 10 nomor kompetensi profesional dari 60 soal yang disajikan. Semoga UKG berikutnya bisa lebih ditingkatkan, Aamiin !!!

 

5 Komentar (+add yours?)

  1. Ridwan, M.Pd.
    Jan 30, 2016 @ 16:52:39

    Kalau di Depag belum bla UKG…tp harus siap2. terima kasih sa’ri infonya….

    Suka

    Balas

  2. syamsudin06
    Nov 19, 2015 @ 07:56:49

    Alhamduliilah, UKG sudah kita lalui, dan hasilnya sama dengan hasil yang bapak peroleh, di pedagogik saya salah 4, dan di profesionalisme salah 10. Buat saya UKG tahun ini masih sama dengan UKG yang dulu. Semuanya medapat nilai 60, jadi belum ada peningkatan.

    Suka

    Balas

  3. ilham amrizal
    Nov 19, 2015 @ 04:02:37

    mantaf kareng, sy pedagogik 3 banar 15 salah untuk profesional sedikit membantu 37 benar 5 salah

    Suka

    Balas

Jangan lupa!!! Tuliskan Komentar Anda di Kolom Berikut !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Posting

%d blogger menyukai ini: