Rekapitulasi Pelaksanaan Tugas Mengajar Guru

Beberapa pihak di daerah yang peduli dengan pemantauan pelaksanaan tugas mengajar guru mengusulkan pemakaian daftar hadir elektronik (check clock) di sekolah-sekolah. Diantaranya ada yang memposting usulannya via media sosial facebook. Tujuannya agar pelaksanaan tugas mengajar guru dan kehadirannya di sekolah dapat tercatat dengan baik.

Beragam tanggapan muncul terhadap usulan pemakaian check clock tersebut, ada yang setuju dan yang tidak setuju. Alasan dari yang setuju bahwa dengan penggunaan check clock maka akan ketahuan guru yang malas dengan guru yang rajin. Sedangkan alasan dari yang tidak setuju bahwa penggunaan check clock masih bisa “diakali”, misalnya: datang pagi-pagi nyetor muka lalu pulang. Saat dekat-dekat waktu pulang sekolah datang lagi nyetor muka. Payah…

Usul check clock

Mungkin kita sepakat bahwa bagaimanapun aturan dibuat jika tidak ada kesadaran dari guru yang bersangkutan maka tidak akan ada perbaikan.

Penggunaan check clock memang sangat membantu memudahkan perekaman kehadiran guru di sekolah, tapi belum menjamin bahwa guru yang hadir di sekolah juga hadir di kelas menunaikan kewajibannya. Nah, bagaimana merekam kehadiran guru di kelas? Berarti sekolah juga harus menyiapkan check clock disetiap ruang kelas. Biaya pastinya bertambah, tetapi amankah??? Tetap bisa diakali lagi tentunya oleh guru yang miring otaknya.

Sekolah kami yang miskin dan berada di kampung yang relatif terpencil berusaha merekam kehadiran guru di sekolah dan merekam pelaksanaan tugas mengajar guru di kelas tanpa menggunakan check clock. Cukup menggunakan beberapa format Excel dengan melibatkan ketua kelas dan satu orang guru yang bisa buka tutup komputer/laptop, maka data kehadiran guru sudah bisa diketahui. Data pelaksanaan tugas mengajar guru ditempel di papan pengumuman setiap bulan. Data tersebut juga dijadikan dasar pembagian honor khususnya guru honorer.

Berikut kami coba share bagaimana proses kerjanya.
Setiap Senin, ketua kelas  menerima format isian pelaksanaan tugas mengajar guru. Ketua kelas memberikan tanda centang pada kolom Mengajar jika gurunya mengajar dan memberikan tanda centang pada kolom Tidak Mengajar jika gurunya tidak masuk mengajar dan disertai dengan alasan tidak mengajarnya di kolom keterangan. Alasan tidak mengajar misalnya: sakit, rapat, diklat, terlambat, tanpa keterangan dan lain-lain. Setiap hari Sabtu ketua kelas mengumpulkan format isian tersebut kepada guru/pegawai yang ditunjuk.

Formulir isian ketua kelas1

Guru/pegawai yang ditunjuk menerima isian pelaksanaan tugas mengajar guru dari ketua-ketua kelas setiap Sabtu. Setiap pekan guru ini meng-input hasil pelaksanaan tugas mengajar guru pada format Excel yang sudah dipersiapkan. Dalam format Excel tersebut, setiap guru dianggap melaksanakan tugas penuh selama satu bulan, sehingga petugas ini hanya menghapus nama guru di kolom keterangan mengajar jika guru tersebut tidak mengajar kemudian menuliskan alasan tidak mengajarnya di kolom keterangan. Tugas ini sangat ringan karena hanya menghapus nama guru dengan sekali tekan.

Rekap mengajar oleh kurikulum

Setelah meng-input pelaksanaan tugas mengajar guru selama satu bulan, maka data mengajar guru yaitu berapa jam pelajaran yang terlaksana dan yang tidak terlaksana serta persentasenya sudah bisa diketahui. Begitulah setiap bulan dan akhirnya akan diperoleh rekapitulasi pelaksanaan tugas mengajar untuk satu triwulan.

Rekap mengajar bulanan oleh kurikulum

 

Rekap triwulan

Berikut saya lampirkan file-file format Excel yang kami gunakan. Jika tertarik, silahkan download dan pelajari file-file tersebut.

Kami juga lampirkan file format Excel sederhana untuk merekam kehadiran guru/pegawai di sekolah.
Semoga bermanfaat !!!

0. Formulir Isian Pelaksanaan Tugas Mengajar Guru Tahun 2015

1. Rekap Mengajar Juli 2015

2. Rekap Mengajar Agustus 2015

3. Rekap Mengajar September 2015

4. Rekap Kehadiran Guru Di Sekolah Semerter 1 Tahun Pelajaran 2015-2016

Jangan lupa!!! Tuliskan Komentar Anda di Kolom Berikut !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Posting

%d blogger menyukai ini: