Sosialisasi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013

Ujian Nasional (UN) adalah salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh sekolah menengah termasuk SMP Negeri 1 Binamu. Aturan dan mekanisme pelaksanaan UN setiap tahun juga mengalami perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik.

Pelaksanaan UN tahun 2013 ini misalnya, menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud Khairil Anwar Notodiputro, seperti dikutip dari http://kemdikbud.go.id, bahwa naskah soal dan lembar jawaban UN menggunakan sistem barcode, dimana naskah soal UN dengan lembar jawaban tidak terpisah. Beliau juga menjelaskan bahwa banyaknya paket dalam satu ruang ujian terdiri dari 20 paket yang berbeda.

Aturan lain yang berbeda dengan tahun sebelumnya adalah mengenai Nilai Rapor Siswa. Jika tahun tahun lalu nilai rapor yang dikirim ke panitia UN Pusat hanya Nilai rapor mata pelajaran yang di UN-kan saja, maka tahun 2013 ini, semua nilai rapor mata pelajaran yang tidak di-UN-kan pun juga ikut dikirim. Bahkan termasuk nilai-nilai kegiatan pengembangan diri dan absensi siswa.

Selain guru dan siswa di sekolah, aturan dan mekanisme pelaksanaan UN tahun 2013 dirasa penting untuk juga diketahui dan dipahami oleh orang tua siswa kelas IX yang akan  mengikuti Ujian Nasional tahun 2013 ini. Untuk itu, pada hari Sabtu tanggal 23 Pebruari 2013 bertempat di ruang guru SMP Negeri 1 Binamu dilaksanakan Sosialisasi Ujian Nasional Tahun 2013 yang dihadiri oleh 241 orang tua siswa kelas IX. Karena daya tampung ruang guru yang terbatas, maka sebagian besar orang tua siswa ditempatkan dibagian luar ruangan. Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi, Ketua dan sekretaris komite SMP Negeri 1 Binamu H. Bachtiar Thalib, S.Sos. Kr. Nyikko dan Ir. Kamaluddin, M. Si. Kr. Tinggi.

Dalam penjelasan sosialisasi yang sampaikan oleh Wakil Kepala SMP Negeri 1 Binamu, H. Syarifuddin, dikatakan bahwa tujuan dari sosialisasi UN tersebut adalah agar orang tua siswa kelas IX yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini memperoleh informasi dan pemahaman tentang pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2013. Tujuan lain dari sosialisasi agar orang tua meningkatkan pendekatan dan pembimbingan di rumah terhadap masing-masing anaknya agar mereka lebih memfokuskan kegiatan dan waktunya untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional.


Foto0706

Foto0708

Foto0705

Foto0704

Foto0707

230220135696

3 Komentar (+add yours?)

  1. tri priyadi
    Mar 06, 2013 @ 22:15:36

    Pak Syarifudin, bravo! Tepat menjadi kepala sekolah teladan!

    Suka

    Balas

  2. tri priyadi
    Mar 06, 2013 @ 22:11:31

    OK banget, thanks infonya

    Suka

    Balas

Jangan lupa!!! Tuliskan Komentar Anda di Kolom Berikut !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Posting

%d blogger menyukai ini: