Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-66 se Provinsi Sulawesi Selatan

Memperingati hari guru adalah bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa guru yang sedikit-banyaknya telah turut berhasil mengubah wajah bangsa ini menjadi lebih baik. Indonesia telah banyak mengalami kemajuan dalam berbagai bidang. Walau diakui bahwa wajah Indonesia yang diharapkan masih belum sepenuhnya terwujud. Masih banyaknya elit-elit bangsa yang melakukan korupsi merupakan hal yang paling merusak wajah bangsa ini. Uang rakyat dikorup untuk kepentingan pribadi ataupun kelompoknya. Juga masih seringnya terjadi perkelahian antar pelajar dan mahasiswa ataupun kejadian-kejadian lain yang mencoreng wajah bangsa yang besar ini. Apa inilah hasil didikan sang guru sebagai “pahlawan tanpa tanda jasa”? Ternyata masih perlu banyak pembenahan di sana-sini.

Tanggungjawab guru semakin berat untuk melahirkan anak bangsa yang anti korupsi dan memiliki budaya bangsa Indonesia yang berkarakter. Dikatakan berat karena anak didik di sekolah sebagai calon pemimpin bangsa ke depan diajarkan budi pekerti dan akhak mulia serta membudayakan karakter-karakter dan budaya bangsa yang luhur, namun di alam luar mereka dipertontonkan dengan perilaku-perilaku yang sebaliknya.

Untuk tugas dan tanggungjawab yang berat ini, maka sepatutnya guru mendapatkan dorongan dan kemampuan, baik moril ataupun materil. Pemberian penghargaan bagi guru yang memiliki kinerja yang baik/tinggi ataupun memiliki prestasi tertentu merupakan satu bentuk dorongan untuk lebih meningkatkan kinerja dan prestasinya.

Peringatan hari guru nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke-66 tahun 2011 se-provinsi Sulawesi Selatan dipusatkan di Kabupaten Jeneponto dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2011. Pada peringatan hari guru yang tempatkan di Lapangan Passamaturukang ini, di hadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo,S.H.,M. Si., M.H. yang bertindak sebagai pembina upacara.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kata-kata bijak dan paradigma dalam pendidikan bahwa “Satu contoh atau teladan akan kebaikan yang langsung dipraktekkan di sekolah lebih baik dari seribu kata kejujuran dan karakter”  Makna kalimat ini dapat diartikan bahwa satu kali kita berbuat kemaslahatan lebih baik daripada kita hanya bicara seribu kali tentang kebaikan. Beliau juga menyampaikan rasa bangganya kepada guru karena profesi guru adalah pekerjaan mulia. Tidak ada orang yang berhasil tanpa guru kata beliau. Oleh karena itu dalam memperbaiki republik ini menurut beliau, ada dua hal yang perlu dilakukan yaitu  hadirkan pendidikan dan ekonomi yang makin baik. Diakhir sambutannya, beliau menyampaikan selamat berhari guru, harinya orang-orang yang mulia yang tugasnya menyiapkan kemuliaan bagi generasi menuju masa depan yang lebih mulia dan kita hadirkan bangsa yang makin mulia dimasa yang akan datang.

Pada upacara peringatan hari guru nasional dan HUT PGRI ke-66 tingkat provinsi Sulawesi Selatan ini, Gubernur  memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh pendidik, kepala sekolah, pengawas sekolah dan guru berprestasi dalam lingkup kabupaten Jeneponto. Kepala sekolah/pengawas sekolah dan guru berprestasi yang mendapat penghargaan adalah :

No.

Kepala Sekolah/Pengawas/Guru Berprestasi

Keterangan

1

Drs. H. USMAN, M.M. Kepala SMAN 1 Binamu

2

MUH. TALIB, S. Pd., M.Pd. Kepala SMKN 4 Jeneponto

3

Drs. H. SYAHRIR SAINI Kepala SMPN 1 Binamu

4

Hj. NURMIAH M., S. Pd. Kepala SDI No. 113 Balang II

5

Hj. SYAMSIDAR, S. Pd. Kepala TK Pertiwi

6

Drs. H. ABDUL JALIL PATTA, M.M. Koordinator Pengawas Sekolah

7

Drs. DAENG SIHAKA, M.M. Pengawas SMP/SMA/SMK

8

ALIMUDDIN, S. Pd. Pengawas TK/SD

9

MUH. SYAHADAT, S. Pd., M.Pd. Guru SMAN 1 Binamu

10

Drs. LARIGAU Guru SMKN 1 Jeneponto

11

Drs. H. SYARIFUDDIN, M. Pd. Guru SMPN 1 Binamu

12

ABD. TALIB, S. Pd. Guru SDN No. 01 Bangkala

13

KASMAWATI, S. Pd. Guru TK Kemenag Jeneponto

 

Semoga penghargaan yang diperoleh dapat menjadi dorongan dan pemacu dalam meningkatkan kinerja dan prestasi guna mengubah wajah bangsa Indonesia menuju bangsa yang makin mulia dimasa yang akan datang. Amin !!

(Syarifuddin Daeng Rate)

Pak Talib dan Pak Syarif

Pak Talib dan Pak Syarif


Jangan lupa!!! Tuliskan Komentar Anda di Kolom Berikut !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Posting

%d blogger menyukai ini: